Tugas Akhir Pemograman 1

Sabtu, 07 Juli 2018

Assalamualaikum wr,wb  kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial cara membuat aplikasi dengan menggunakan aplikasi netbeans yang berelasi dengan database, berikut tutorialnya di bawah ini.


1. Langkah pertama pastikan pc kalian sudah terinstal Aplikasi XAMPP,dan Netbeans IDE,




2. Selanjutnya buka aplikasi XAMPP pilih start pada module Apache dan SQL yang paling atas klik start 1 mau pun 2 start lalu klik admin.




3. Lalu buatlah databasenya dengan cara buka browser ketik alamat localhost//phpmyadmin , setelah keluar localhostnya lalu pilih new, lalu buat nama sesuai projek yang akan di buat,  contoh projek kami dengan nama data base arsipsurat.




4. Buat 2kolom 5 barispada tabel atau sesuai project yang kita akan buat yaitu tabel arsip surat keluar dan arsip surat masuk, pada pembuatan data base arsip surat.



5. Isi nama field dengan data base arsip surat, arsipsrat, arsipsuratmasuk sebagai primary key nyalalu simpan apa yang sudah kita cantumkan : nama,angka,beserta lainnya.



6. Buat tabel arsipsurat seperti langkah diatas dengan nama field  database arsip surat,nama,dan angka yang akan di buat, laluuntukmenjalankannyapergikenetbean.



7. Setelah selesai membuat database, buka aplikasi netbean buat projek baru dengan cara pilih menu file new project, pilih kategori java, projects java aplication buat nama project, klik next.



8. Setelah itu buat java form baru dengan cara klik kanan projects pilih new – pilih jFrame Form dan akan menampilkan untuk kita design.



9. Buatlah tampilan jFrame from yang sesuai projek yang kita buat inilah beberapa toolsnya yang berada di kanan garis kotak warna merah seperti dibawah ini.



10. Setelah selesai pada tahapan pembuatan desain data basenya lalu pindah ke kodingan (Source code terlampir di link bawah) ketik dan susunlah sesuai seperti di desain yang telah kita buat agar suatu data basenyabisa di klikdan di jalankan.



11. Seperti ini pada saat di jalan data basenya.




12. Dan hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini



13. selamat anda telah berhasil membuat sebuah aplikasi yang telah berelasi dengan database selamat mencoba dan semoga sukses TERIMAKASIH….

Berikut source code dan database program yang telah kami buat : klik disini


-KELOMPOK :  04TPLE018

Ahmad Jumairy - 2016141461Ardi Wijaya - 2016142195Eka Rizki Faureza - 2016140702Faisal Amir - 2016141256