Selasa, 07 Oktober 2014

KENAPA BIOSKOP 21 DI WTC SERPONG DITUTUP?

Cinemaxx Theater

ilustrasi: Cinemaxx Plaza Semanggi
Sebagai perusahaan baru dibawah perusahaan besar yaitu Lippo, Cinemaxx Theater telah dipastikan mendapat modal sebesar 6 Trilyun Rupiah untuk mengembangkan bisnis bioskop ini. Setelah bioskop pertamanya berhasil dibuka di Plaza Semanggi tanggal 17 Agustus silam (baca: #Bioskop Cinemaxx Theater Resmi Membuka Cabang Pertamanya di Plaza Semanggi), Cinemaxx juga telah merencanakan untuk membangun beberapa bioskop Cinemaxx Theater di beberapa koata di Indonesia. Berikut beberapa kota yang akan dihadiri oleh jaringan bioskop Cinemaxx Theater.

Jakarta
Setelah Plaza Semanggi, Cinemaxx Theater juga akan segera hadir di Plaza fX Sudirman. Cabang ke-2 Cinemaxx di Jakarta ini nantinya akan hadir dengan 5 layar, dengan konfigurasi 1 studio Dolby Atmos, 2 kelas reguler, dan 2 kelas Cinemaxx Gold. Cinemaxx Plaza fX Sudirman ini masih memakai lahan bekas Platinum XXI yang telah tutup sejak 21 Oktober 2013 lalu.
update : Cinemaxx Plaza fX Sudirman telah dibuka untuk umum mulai tanggal 22 September 2014. Lebih lengkap tentang Cinemaxx fX Sudirman bisa dibaca disini.

Palembang, Sumatra Selatan
Kota kedua yang akan dihadiri oleh Cinemaxx adalah Palembang. Bertempat di Palembang Icon, rencananya Cinemaxx akan dibangun dalam 2 tahap. Untuk tahap pertama yang segera diresmikan ini akan dilengkapi oleh seluruh kelas yang ada di Cinemaxx Theater selain kelas reguler yaitu Cinemaxx Gold dan Ultra XD. Tentu juga ada studio yang dilengkapi oleh sistem tata suara Dolby Atmos. Setelah Palembang Icon, rencananya Cinemaxx juga akan hadir di Lippo Plaza Jakabaring. Mengenai detail waktunya, sampai saat ini belum ada kabar lanjur mengenai rencana Cinemaxx di Lippo Plaza Jakabaring ini.
update: Cinemaxx Palembang Icon dibuka untuk umum mulai 3 Oktober 2014.

Kru Cinemaxx Palembang Icon foto bersama di depan Cinemaxx Palembang Icon (sumber : Path)

Medan, Sumatera Utara
Di Kota Medan ini rencanaya Cinemaxx Theater akan membuka cabang pertamanya di SUN Plaza Medan. Lokasinya masih bertempat di bekas area bioskop SUN 21 yang telah tutup sejak 19 Mei 2014 silam. Cinemaxx SUN Plaza ini juga kabarnya akan dibuka dalam 2 tahap. Untuk tahap pertama kabarnya hanya akan dibuka 3 studio(kabarnya 1 studio Dolby Atmos, dan 2 studio Cinemaxx Gold). Lalu untuk tahap 2 akan dibangun di atas bioskop eksistimg dengan jumlah 8 studio reguler. Namun informasi ini belum dikonfirmasi oleh Cinemaxx Theater, kita nantikan saja informasi lanjutnya.

Selain SUN Plaza, Cinemaxx Theater juga akan hadir di Plaza Medan Fair dan Lippo Plaza Medan. Untuk Plaza Medan Fair pembangunannya sudah mulai berjalan yang berlokasi di rooftop mall. Untuk Lippo Plaza Medan lahan untuk bioskop sudah ditutup oleh hoarding, sepertinya sudah masuk dalam tahap konstruksi.

Manado, Sulawesi Utara
Selain kota diatas, Cinemaxx Theater juga akan hadir di kota Manado tepatnya di Lippo Plaza Manado(a.k.a Manado XChange) dengan 7 studio (5 cinema reguler dan 2 cinema Gold). Cinemaxx di Lippo Plaza Manado ini rencananya tidak lama lagi akan dibuka untuk umum.

Bali
Bali juga termasuk dalam kota yang akan dibangun Cinemaxx Theater. Cinemaxx Theater di Bali akan dibangun di Lippo Mall Kuta. Kabarnya Cinemaxx Lippo Mall kuta ini akan dibuka awal 2015 mendatang.

Ponorogo, Jawa Timur
Cinemaxx Theater dipastikan akan membuka cabang di kota Ponorogo yang akan menjadi bioskop pertama di kota Ponorogo ini. Rencananya Cinemaxx akan hadir di Ponorogo City Center. Saat ini pembangunan fisik cinemaxx di PCC sudah dilakukan, semungkinan akan dibuka sebelum akhir tahun 2014.

Karawaci, Tanggerang
Proyek pemangunan Cinemaxx Theater di Karawaci sudah mulai dilakukan. Lokasinya berada di dekat Supermall Karawaci. Belum ada kabar resmi mengenai jumlah studio yang akan dibangun disini. Namun di Cinemaxx Karawaci yang nantinya bangunannya menyatu dengan gedung pemasaran Millenium Village akan terdiri dari seluruh kelas yang ada di Cinemaxx Theater seperti Cinemaxx Gold dan Ultra XD. Pun juga akan ada studio yang dilengkapi oleh tata suara Dolby Atmos. Rencananya Cinemaxx Karawaci akan dibuka sekitar akhir tahun 2014.

Depok, Jawa Barat
Dalam obrolah saya dengan salah sat pegawai Cinemaxx pun terungkap bahwa Cinemaxx akan hadir di Cimanggis Square, Depok. Disini sepertinya akan dibangun komplex bioskop yang lumayan besar karena akan memakai seluruh rooftop di Cimanggis Square menjadi bioskop. Sampai saat ini pembangunan bioskop Cinemaxx di Cimanggis Square masih belum dimulai.

Kupang, Nusa Tenggara Timur
Dengan dibangunnya Lippo Mal Kupang, Cinemaxx Theater dipastikan akan hadir di dalam area Lippo Mall Kupang ini dengan 5 layar. Mungkin akan siap dibuka untuk umum pada tahun 2015 mendatang.

Serpong
Bioksop WTC Serpong 21 yang berlokasi di Mall WTC Matahari Serpong resmi ditutup per tanggal 11 September 2014. Dengan ditutupnya bioskop ini dipastikan akan dirubah menjadi Cinemaxx Theater. WTC Serpong 21 terdiri dari 4 studio. Belum diketahui apakah nantinya Cinemaxx akan merubah jumlah studio. Jika melihat lamanya proses renovasi di bioskop ex 21 di Plaza Semanggi menjadi Cinemaxx Theater yang memakan waktu sekitar 5 bulan, ini berarti bioskop ex WTC Serpong 21 sekiranya dapat dibuka kisaran bulan Januari atau Februari tahun 2015 mendatang.

Mungkin masih banyak lokasi lainnya dari Cinemaxx Theater yang belum dishare kepada publik. Karena menurut berita, Cinemaxx Theater akan membuat setidaknya 20 bioskop di tahun 2014 ini. Namun setidaknya beberapa lokasi tadi sudah memberikan angin segar bagi penikmat film di Tanah Air ini.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan kepada para pembaca sekalian. Saya harap dengan makin banyaknya lokasi menonton dan beragam perusahaan bioskop akan menjadikan iklim bioskop ini lebih bersaing yang imbasnya akan menguntungkan kepada pada pelanggan bioskop ini sendiri. Pun juga kepada perfilman Indonesia yang daya jangkau pasarnye menjadi lebih luas dengan dibangunnya bioskop baru ini dan saya harap kualitasnya pun akan meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah lokasi dan layar bioskop di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar